My life is my journey

Hutan Mangrove Morosari Demak

Haiii mblo... Masih dalam rangka #survive salatiga tapi kali ini kita gak ngadain perjalanan yang ada hubungannya sama Salatiga.

Minggu ini karena habis shock kena SP baiknya kita hilangkan kepanikan dengan kepiknikan.

Jam 8 Pagi habis sarapan soto di tempat mamang langganan deket kosan kita meluncur dari Salatiga menuju Simpang Lima Semarang. Kenapa Simpang Lima? yak karena ane cuma tau jalan sampe situ doank. Setelah sampai Simpang Lima kita (ane sama Diah) baru mengandalkan GPS dan kenekatan belaka.
sampe di Simpang Lima

Daaaan dua orang embuh yang gak tau jalan ini akhirnya kebingungan juga, berulang kali salah jalan dan puter balik kami lakoni demi niat tulus suci menapaki Hutan Mangrove Morosari.
Dari Simpang Lima ambil jalan ke arah Pasar Johar, kemudian ikuti petunjuk jalan ke arah Demak mblo. Kita sempet nyasar sampe Pelabuhan Tanjung Mas karena jalannya di tutup jadi kita bingung dan bertanyalah kepada bapak yang sedang mencuci motor.

Mengikuti petunjuk sang bapak kita puter balik di kolong jembatan arah Tanjung Mas ,lurus terus sampe mentok baru belok kiri, pokoknya ikutin aja papan arah ke Demak mblo.

Nggak jauh setelah belok kiri kita udah memasuki kecamatan Sayung. Nanti di kiri jalan ada gapura bertuliskan "Selamat Datang Di Wisata Bahari Morosari" langsung masuk kesana aja mblo. Kita sempet bertanya sama ibu penjual warung karena kita gak yakin. Untuk aksesnya lancar mblo sampe akhirnya kalian nemuin perempatan. Kita ambil lurus jalannya bergelombang cinta, membuatku iba pada velg motorku yang sering minta di kenteng.

Sampe di ujung ada portal pembelian tiket masuk, karena merasa agak aneh bertanyalah ane sama embak-embak penjual tiket. "Mbak, yg jalan mau ke makam itu sini bukan?" 
Sang embak pun menjawab "Ohh bukan, harusnya tadi perempatan, jembatan ambil kanan."
"Wahh salah mbak (mrenges)"
Dan embaknya juga mrenges menandakan dia nggak apa-apa"


Kemudian kita ikutin petunjuk embaknya tadi dan sampailah kita di ujung. Kita bingung antara ke arah makam atau ke wisata bahari. Karena berbekal informasi yang nggak lengkap ane dengan tampang melas dan pura-pura bego nanya sama mamang parkir akhirnya menuju ke arah makam. Tapi di tengah jalan menuju jembatan yang kanan-kirinya laut kita di tereakin sama mamang-mamang judes di atas perahu. Dia bentak-bentak nanyain kita mau kemana dan ngasih tau kalo di sana buat ziarah bukan wisata. Mungkin penampilan kita yang piknik-able makanya ketauan kalo sebenernya mau piknik. Tapi kita gagal ke sana mblo, karena si Diah gak pake kerudung jd gak boleh masuk.

Ane sempet badmood mau pulang aja tapi Diah ngajakin ke wisata baharinya buat sekedar nongkrong ato foto biar gak zonk jauh-jauh sampe sini. Dan kembali kita pake jurus pura-pura bego tadi. Akhirnjya kita dapet calo ojeg perahu yang menawarkan keliling hutan mangrove pp @20k, bisa di tinggal kemudian nanti di jemput. Akhirnya it's okelah karena kita udah jauh-jauh ke Demak.
sok nggaya dulu :D

ngobok-ngobok air 

naik ojeg perahu

sampai di tepi hutan mangrove
Kita naik perahu diesel mblo, lumayan seru dan ternyata ane gak mabok laut. Hihihi Tapi karena kita takut gak di jemput terus gak bisa pulang, akhirnya kita minta mamang ojegnya nungguin kita selpi.
Kita di bawa ke tempat yang biasa orang pada foto-foto, cukup shyok juga karena tempatnya tidak sesuai ekspektasi. Kecil dan kurang terawat. Mungkin cuma dua kata iti yang dapat mewakilkan. Tapi sampe di sana kita ketemu sama orang dari dinas pariwisata apa perhutani gitu mblo, ane lupa soalnya gak begitu ngeh. Eeh si bapak ngajak foto bareng. Dan tetiba ada mamas-mamas ikutan moto terus malah interview soal Hutan Mangrove Morosari. Setelah selesai ane menjawab dengan embuhnya, ternyata mamasnya tadi citizen journalism nya net TV mblo, besok kalo tayang jangan di ketawain ya *maluuuuu*.
mbak mblo ngeksis

di wawancarain mamas citizen journalism net tv
foto sama bapak dari dinas pariwisata perhutani
Setelah puas berfoto narsis, kita ngajak mamang ojeg cabut. Tapi ternyata kita di puter-puterin mblo, di tunjukin bangunan-bangunan yang terisa. Dulunya hutan mangrove ini adalah perkampungan mblo, tapi karena terkena abrasi perkampungannya jadi terendam, penduduk di relokasi dan daerah tersebut di tanami mangrove untuk. mengurangi abrasi. Cukup sedig juga mblo kalo liat masjid yang masih kokoh tapu kerendem, jembatan yang putus, makam yang hancur. Seolah mereka bercerita tanpa kata, menorehkan luka lama yang mengiris hati. 


warga memanen ikan
masjid yang terendam banjir akibat abrasi

bekas reruntuhan jembatan di pakai tempat memancing

Kita juga diajak melihat hasil ikan tangkapan warga. Buat jolang di tanah air yang pengen nyobain wisata di mari, bisa sms mamang ojeg yang membimbing kita dengan setia di nomer : 089674407368
Dia bilang kalo lewat calo hasil ongkos dari kita di bagi dua, jadi kalian nanti mendingan langsung negosiasi sama mamang-mamang yang bertengger di perahu jadi kalian bisa dapat harga yang lebih murah, kalo kasian ato merasa puas dengan pelayanannya bolehlah kasih tip tambahan.

Kita juga di ajak mampir ke rumah mamang ojeg yang ada di tengah-tengah perairan, rupanya dia salah satu warga yang tetap bertahan di rumah dan menolak relokasi.

tampang mamas ojeg perahu yang baik hati
rumah mamang ojeg yang tetap bertahan untuk tinggal

0 Comments for "Hutan Mangrove Morosari Demak"

Back To Top